tip's : the cupcakes

>> Friday, July 13, 2007

masih dengan thema kid's birthday, sekalian aja ah aku upload bererot biar seru :)

sekarang ngomongin cup cakes nihh, hmm... cake yg satu ini, sungguh! ngga cuman yang makan, yang bikin aja juga seneng banget ngeliatnya. ukurannya ketjil namun disitulah letak nilai seninya; dengan atau tanpa image prinsipnya sama aja, gimana dengan space terbatas kita bisa meningkatkan performance si mungil ini.

nah, klo aku nihh, selalu memadukan taburan gula warna-warni pada bordernya, kayak gini :

gak sekedar naburin, sekali lagi, pilih warna-warna tertentu yang match dengan image atau bordernya. makanya, klo suatu saat sempet ngamatin aku ngehias cupcakes, jangan kaget klo tiba2 aku semedi dihadapan cupcakesku hanya untuk pilih warna taburannya -wahahaha- serius ahh!

selain bahan baku decorating, packing juga harus diperhatikan loh. harus dipikirkan bagaimana agar cupcakes tetap utuh & kokoh sampai tiba saatnya 'tuk dinikmati, bayangkan, akan aneh khan klo sampai kejadian cupcakes yang kita terima udah cemong2 gak karuan?

jujur, performance inilah modal utama si cupcakes, selain kualitas bahan dan citarasanya [waks ngiklan banget deh aku hehehe].


ok, the cuppies ready to delivered ^_^

13 comments:

Anonymous,  3:06 PM  

Peni, jika rani nak belajar buat cuppies,guna buku apa ya??

ina 8:13 PM  

memang mbakyuku yang satu ini memang pinteeeeeeeeeeeeeeeeeer berat...
ga pernah bosen liat kreasimu mbak pen, biarpun berulang kali..

Anonymous,  8:58 AM  

mbak peni... maaf melenceng dari topik,saya mau tanya mbak kalo mau bikin ganache-nya mbak itu gimana ya, boleh minta resepnya nggak mbak? Makasih yah mbak peni... saya salut sama kreatifitas mbak peni...

arianna 9:47 AM  

waduh ..cantik sekali cuppies tu.
peni, kalo tak keberatan tanya sikit bole. itu edible image gimana ya letak disitu. piping itu halal tak?

Anonymous,  10:48 AM  

Mbak Peni, gimana ya caranya naruh edible diatas cupcake, apa harus dipotong dulu cupcakenya biar rata? trus berapa ya diameter cupcake spt yg digambar ? sorry ya nanyanya borongan... tengkiu ^_^

peni respati 7:37 PM  

hai rani, aku ngga punya buku khusus tentang cup cakes.

bikin cup cake ngga sulit, baking aja resep yang biasa kita pakai utk cake besar namun kali ini kita masukkan ke dalam papercup.

untuk decoratingnya, mulai dari yang simple seperti menutup dengan buttercream atau coklat leleh, beri garnish diatasnya. lalu meningkat dengan menggunakan tip/spuit.

ok, selamat mencoba.

peni respati 7:39 PM  

mb ina, hmmm..syapa dulu donk yg bikin edible imagenya huehehe

makasih ya dah bantuin aku.

peni respati 7:43 PM  

hai bundacalvin, aku bikin ganache dengan berbagai cara sesuai kebutuhan. mungkin yg ditanya bundacalvin klo utk lapisan cake/filling yah?

klo aku selalu pake whippcream powder, encerkan dengan air es sesuai resep, lalu mikser dan masukkan coklat leleh, dengan perbandingan : untuk 200 gr whippkrim bubuk, make DCC lelehnya nya 400gr.

selamat mencoba.

peni respati 7:46 PM  

hai arianna, cara meletakkan imagenya muda, gunting gambarnya lalu letakkan di atas cupcakes yang sudah ditutup buttercream, ratakan. oh ya, sebelumnya beri lapisan white chocolate melting di bagian belakang gambar.

bahannya insya Allah halal, terimakasih sudah diingatkan ^_^

peni respati 7:49 PM  

halo lia, klo utk cupcakes yang pake edible image, aku selalu meratakan permukaan cake. hal ini agar image tidak bergelombang/menggelembung.

diameter atas cupcakes sekitar 7 cm, klo diameter imagenya 4 cm.

ok moga membantu.

arianna 7:32 AM  

makasih ye peni. mau nanya lagi, atas image tu perlu letak jelly ke?

makasih ye.. saya ini masih baru dan tengah belajar lagi tentang kek dan decorationnya.

kek2 kamu amat menarik sekali. tentu sekali rasanya jugak sedap.

Anonymous,  4:33 PM  

Mbak, packing yg bening itu beli dimana? Aku paling bingung nih untuk packing nya. Terus berkarya ya Mbak, aku selalu bangga padamu dan jujur aja aku klo ada pesenan sering intip blog mu biar ada inspirasi baru. Thanks banget ya Mbak, hanya Alloh yg bisa bales semuanya.

Anonymous,  2:21 PM  

Hi Mbak Peni,
Aku tuh naksir bgt sama cupcakes nya itu loh. Mbak bisa buat pakai gambar Elmo ga? kebetulan anak saya mau bday bln depan n kayanya lucu jg kl cupcakes nya ini d jadiin souvenir gt. Itu cupcakes nya kue apa ya? and kl mo order, ada minimumnya ga? thanks ya!!!

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009 Using photos by Peni Respati Banner n' Poster by Citra 2011

Back to TOP