princess aurora

>> Friday, January 19, 2007

memenuhi request mb linda lian yang menginginkan cake princess namun tanpa edible image. kebetulan aku baru aja beli boneka pincess aurora yang cukup bagus kualitasnya dan syukurlah requestnya tidak menetapkan siapa princess yang dimaksud, alhamdulillah, match deh, jadilah cake princess aurora ini.

cakenya terbuat dari lapis surabaya, dihias full dengan buttercream. decorating ini hanya menggunakan 2 buah spuit, yaitu spuit rumput no. 233 dan spuit polos no. 2.

stepnya sbb. :

-tutup cake dengan buttercream warna pink muda, dindingnya beri efek garis dengan menggunakan scrapper motif.
-skets bagian atasnya dengan bantuan lidi yang bersih, buat bentuk bintang. lalu tutup dengan buttercream warna pink tua dengan menggunakan spuit rumput. ikuti skets bentuk bintang tsb. sedikit modif, sisi luar bintang aku buat bentuk cembung/bulat.
-bagian atas yang masih tersisa ditutup dengan menggunakan buttercream warna hijau, masih dengan menggunakan spuit rumput.
-ulang lagi motif rumput hijau ini untuk border bawah cake.
-beri taburan bunga daisy dengan menggunakan spuit polos no. 2, buat dalam 4 warna; biru, kuning, ungu & pink dengan putik berwarna selang seling.
-pasang nama yang berultah di bagian atas dengan menggunakan fondant yang telah dicetak huruf, terakhir pasang sang princess diatasnya.

11 comments:

Anonymous,  4:50 AM  

cantik banget cakenya! gimana recipe buttercream nya ya, esp icing yg bikin grass itu..saya bikin grass tp enggak jadi grass..

Esti 9:28 AM  

Peni, BCnya kalo sisa dimasukkan ke lemari es dalam keadaan tetap di kantong plastik atau disimpan didalam kotak kedap (semacam tupperware) ya?? Terus kalo encer ditambahin mentega putih atau gula halus? Ketahuan aku masih amatir banget soal BC. Tks ya.

ina 11:39 AM  

waaaaaaaaaaaaaaa kok kesaliiiip...ina masih penasaran bikin rumput lo mbak...
pake spuit ato ga...
trus bunganya itu pake spuit yg drops ato apa mbak?

mbak peni...foto BDCK-ku ntar ya...msh di yang punya kueh fotonya...

belum terlalu bagus sih.komen ya ntar..

hiks...sedih...ga bisa dateng ke inkoppol...belanja-belanji buat persiapan bikin BDCK-nya mbak...gagal jumpa fans dg dirimu..huhuhuhu...lain waktu ya....

Anonymous,  11:59 AM  

Mba Peni, komentarnya di gabung sini aja ya...hehee, gak ada shoutboxnya soalnya..:P

Keren banget cake2nya...halussss...btw itu aurora princessnya rumputnya di bikin atu-atu ya?? keren bangettt, telaten sekaliiii....

Trus, nanya dunks Mba, kalo bikin decor mawar yang di susun sebelahan itu, mawarnya bikin atu-atu di luar, ati di cakenya itu Mba? miring2nya gimana tuh??

Pokoknya sugoi abis deh cake-cakenya Mba Peni...bole di contek ya?? ^____^ hehehe...

Anonymous,  1:18 PM  

mbak peni.. kuenya enak bgt loh kt temenku.. thanks bgt yach.. bikin grassnya gimana mbak caranya.. bgs bgt.. thx bgt yach seblmnya...

peni respati 11:07 AM  

untuk yang pada penasaran dengan rumput alias grass [hai kuzi, sakura, mb ina, mb linda lian], sayang sekali aku ngga bikin satu2 loh, mana tahaaan...haha. maaf, aku hanya menggunakan spuit rumput aja koq, bentuknya bulat trus ada lubang2nya seperti saringan santan. sekali diberi tekanan, maka buttercream akan keluar membentuk rumput. oke..oke....

peni respati 11:12 AM  

hi kuzi, resep buttercreamnya hanya menggunakan resep yang ada di kemasan hollman soft cream, komposisinya sbb ;
hollman soft cream 1 kg
shortening/mentega putih 1 kg
gula buttercream [semacam simple syrup] 750 gr
susu bubuk fullcream 50 gr

sudah, begitu saja, dimix high speed, sampai didapatkan konsistensi yang bagus/kokoh dan siap diaplikasikan.

saya tidak tahu untuk di tempat kuzi ada atau tidak soft cream ini, prinsipnya ini merupakan bahan dasar buttercream, cari saja substitutenya, yang penting bahan yang dimaksud adalah bahan dasar buttercream.

peni respati 11:13 AM  

hai mb ina, sayang kita gak ketemuan pas di inkoppol kemaren, jujur aja aku melototin nametag2 especially yang bertuliskan 'INA'..sayang itu bukan dikaw hiks hiks

mana...manaa hasil BDCKnya? penasaran aku euy....

peni respati 11:19 AM  

untuk mbak esti, sayang sekali sampai saat ini aku belum pernah nyimpem buttercream di kulkas, prinsipnya membuatnya hanya sekali pakai, kalaupun masih sisa, maksimal saya pakai untuk masa simpan 2 minggu saja pada suhu ruang dalam wadah kedap udara.

kalau untuk kasus mbak esti, misalnya buttecream sudah cair, logikanya cukup dikocok lagi sampai dapat konsistensi yang bagus/kokoh, dengan catatan bahan dasarnya memang sudah dengan komposisi yang pas ya, jadi tidak perlu tambah bahan lagi.

untuk selanjutnya, dalam pembuatan buttercream, perlu diperhatikan tanggal pembuatan serta bahan dasarnya ya mbak. ini penting sebagai penentu masih bagus atau tidaknya si buttercream.

semoga membantu ya mbak esti...

peni respati 11:22 AM  

mb linda lian! aku juga makasih banget, sudah mempercayakan pesanannya ke aku, jujur aku senang sekali dengan responnya [haha...jadi besar kepala nihh]. salam hangat!

peni respati 11:27 AM  

hai sakura, sori yah say aku ngga puya SB, blom bikin hehe.

untuk mawarnya, buat satu persatu diluar cake, lalu pasang diatas cake satu2 juga.

untuk miring2nya, diatur2 sendiri dengan bantuan gunting sebagai penjepit pada dudukan/cone mawarnya.

yaa...pokoknya diatur sampe dapat kumpulan bunga yang indah dipandang dari segi estetikanya...hehe moga gak binun yah say!

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009 Using photos by Peni Respati Banner n' Poster by Citra 2011

Back to TOP