purple basket

>> Friday, December 22, 2006

cake ini dibuat berdasarkan request pemesan yang penyuka cake rasa kopi & coklat pekat serta nggak terlalu menyukai buttercream, namun ingin dibuatkan cake dalam nuansa warna warni, dan wajib ada warna ungu.

cakenya menggunakan resep 'esspresso choco cake' yang ada di blog jeng lia suroboyo dimodif dengan heavy ganache sebagai coveringnya dan sebagai variasi filling di tengah. di bagian atas cake tetap diberi buttercream namun dalam jumlah sedikit [hanya untuk rumput & dedaunan], sedangkan bunga2nya terbuat dari coklat serut 4 warna [merah, pink, putih & kuning].

warna ungu aku gunakan sebagai border motif kepang menggunakan spuit no. 16, dan motif bintik di sisi cake menggunakan spuit no. 4, walaupun sedikit namun dominasi warna ungu muncul karena menonjolkan thema utamanya

6 comments:

Esti 5:27 PM  

Salam kenal Peni. Kamu bener-bener kreatif deh. Kuenya cakep semua sampai aku ngiler. Itu bikin bunga dari serutan coklat pakenya coklat putih diberi warna atau gimana? yang aku tahu kan coklat hanya berwarna putih,pink, hijau dan brown. Lha yang warna merah tuh gimana caranya ya? Kalo pake pewarna juga pewarna merk apa? Wilton mahal euy.

ina 10:56 AM  

iriiiiiiiiiiiii..........huhuuuuu....

Anonymous,  5:21 PM  

salam kenal ya...bgm caranya yaa bikin bunga dari coklat?diserut? pake apa? mau ga ngajarin? please....

peni respati 2:57 PM  

hai mb inaa...rule no. 1 : dilarang iri, tapi bikin boleh bangets! heehe

peni respati 3:03 PM  

mbak esti, coklatnya aku beli yang udah berwarna [merk colatta],

yang merah juga ada koq [selain kuning, pink, hijau, putih], sayangnya biru ga ada hehe.

emang inilah kelemahannya klo beli jadi, kita ngga bisa nambah or main2 warna, selain warna yg tersedia.

iya mbak, pewarna coklat memang harganya lumayan mahal, aku juga belom punya koq -hehe- makanya untuk nggak repotnya, aku pilih yang udah berwarna aja deh ^_^

peni respati 3:07 PM  

dear ima, bener, cara bikinnya: coklat bok diserut pake scoop ice cream, nanti dia akan menggulung, nah gulungan2 tsb rapikan dikit, lalu susun deh di atas cake.

kesulitannya terletak pada pengendalian coklat bloknya, prinsipnya si coklat tidak boleh terlalu lembek atau terlalu keras.

tips,
1. jangan pernah menyimpan coklat blok dalam kulkas, simpan dalam suhu ruang saja [di wrapp aluminium foil dan masuk dalam box kedap udara].

2. hasil serutannya akan bagus bila coklatnya disimpan dalam ruang ber AC kira2 15 menit sebelum diserut.

coba deh.

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009 Using photos by Peni Respati Banner n' Poster by Citra 2011

Back to TOP