Buttercream yang Memukau

>> Saturday, November 24, 2012



Selalu ada pertanyaan yang muncul saat saya memposting foto cake berhias bunga mawar, "terbuat dari apakah mawar ini?" dan pertanyaan tersebut umumnya selalu ditujukan untuk cake yang saya decor dengan buttercream. Mengapa pertanyaan itu muncul, hmmhh.... saya tahu penyebabnya. Karena mawar mawar tersebut demikian kokohnya, hingga mirip mawar yang terbuat dari plastic icing :) ...ahaa..

Dan benar sekali, cake Victorian Rose yang saya pajang ini mawar-mawarnya terbuat dari buttercream lho. Berukuran diameter 20 cm, cake ini saya tutup dengan Buttercream Icing berwarna rose, dengan bebungaan mawar menggunakan gradasi warna rose hingga burgundy (5 tone level).

Ingin membuatnya?
Pembuatan mawar ini selayaknya membuat bunga mawar dari buttercream pada umumnya, namun dalam aplikasinya saya menggunakan tip nomor 97 yg berbentuk huruf "S" sehingga kelopaknya melengkung keluar. Indah sekali yaa.....
Untuk menjaga kekokohan bunga ini tentu saja harus digunakan buttercream yang juga kokoh, baik dengan penggunaan shortening yang lebih banyak atau dengan penambahan gula.

Untuk victorian roses ini, saya menggunakan Buttercream Icing resep yang saya ambil dari Wilton Class. Disini saya share resepnya yaitu sbb. :

Buttercream Icing
source : Wilton School
modified by : Peni Respati (Wilton Method Instructur)

Ini resep BC wilton yg selalu dipakai di Wilton School, terutama pada methode #1 Basic Decorating. BC-nya unik dan hasilnya bagus untuk bebungaan.
Bahan :
190gr solid white vegetable shortening,
450gr confectioner's sugar (saya gunakan icing sugar 500gr),
10gr (1 tbsp) meringue powder,
40ml water/milk (saya gunakan air : 85ml),
1tsp wilton flavour (vanila) -- optional
Cara :
Mikser mentega putih sampai lembut dengan balon whisk. Kemudian matikan mikser. Lalu masukkan gula halus, meringue, air, flavour. Mikser lagi sampai diperoleh adonan yg baik.

Menghasilkan 625ml/500g/2.5cups BC icing.
Cara diatas mendptkan BC yg stiff/kaku. Untuk mengurangi kekakuannya, tambahkan air dimulai dari 15ml/1sdt per 240 ml (1cup icing) 
--

Demikian, selamat mencoba ya, kalau ingin memperdalam serba serbi BC Icing ini, mari bergabung di kelas wilton bersama saya ^.^
dijamin kelas berlangsung fun dan seruuu....!

5 comments:

Unknown 8:41 AM  

Cara ikutan clas wilton nya gmna mbak,sy lokasi dijogja..trimakasih

amelia saputra 6:46 PM  

salam kenal mba peni..class wilton itu online atau gmn?bagaimana cara ikutannya?thanks

caren 10:29 PM  

caranya gimana....?

Unknown 8:32 AM  

Artinya penambahan air 15ml/1sdt per 240ml (1cup icing) gmn y? Mksh

Dkp 11:24 AM  

Halo mba salam kenal terimakasih sudah mau berbagi ..
Maaf mba sya mau tanya, kenapa ya setiap saya buat buttercream menggunakan gula halus, selalu ada gula yg menggumpal dan menghalangi keluarnya bc dari spuit �� apakah gula halus dan icing sugar sama atau berbeda?
Terimakasih

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009 Using photos by Peni Respati Banner n' Poster by Citra 2011

Back to TOP