Cake Betawi for Culinary Exhibition at JFC

>> Monday, September 30, 2013


Cake ini saya buat sebagai partisipan di Culinary Exhibition pada event JFC (Jember Fashion Carnaval) yang berlangsung tgl. 20 - 25 agustus 2013 lalu, di kota kelahiran saya, Jember, Jawa Timur.

Cake berdesain Betawi saya pilih, selain karena ini adalah salah satu thema JFC ke-12 ini, juga karena konten tradisional Betawi sangat menarik perhatian saya dan sudah saya angankan untuk saya jadikan thema dalam desain cake saya.

Cake ini terdiri dari 5 buah cake bulat dengan tinggi bervariasi dari 8 cm hingga 20 cm. Secara keseluruhan saya tutup dengan fondant warna warna cerah dari fondan Satin Ice, cocok sekali karena betawi banget warnanya :)


Cake paling atas, saya tutup dengan fondant warna hitam dengan tumpukan warna-warni bunga mawar gulung diatasnya, kemudian di sisi samping sekelilingnya saya beri taburan gold pearl dan fondant diamond warna emas serta bintik bintik putih royal icing.


Berbagai teknik saya aplikasikan pada cake ini, dari teknik membuat tekstur pada permukaan fondant, teknik quilting, silicon molding, ruffles, gold lustre. Tampak motif sarung kotak-kotak, saya letakkan sebagai pembatas diantara dua cake.

Gumpaste saya gunakan untuk membuat topeng, bunga lily dan penjor/umbul-umbul. Sebagai pelengkap, saya meletakkan cookies hias royal icing yang bertabur sanding sugar metalik aneka warna.


Dengan royal icing saya membuat ukiran langsung serta teknik stencil yang terlihat pada cake bagian bawah. 


Demikian reportase saya, selanjutnya saya berpose dulu dari lokasi exhibition,
Cake bersama saya, dalam fashion style nuansa betawi :)

Terimakasih sudah membaca,
salam hangat!

2 comments:

Shirley 4:51 AM  

Mbak Peni,
Ini amazing banget! Nggak kebayang berapa jam yang harus dipakai untuk menyelesaikannya. Jempol empat ya!

Unknown 3:13 PM  

@shirley yang baik hati bak peri, thankyou so much! ini 3 minggu ngerjainnya, ha haa.. saya bikin selama saya stay di jember afetr lebaran lalu Shirley. makasih banget spirit dan perhatian shirley, salam sayang!

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009 Using photos by Peni Respati Banner n' Poster by Citra 2011

Back to TOP