Rockin' Opera for momelly's b'day

>> Sunday, December 20, 2009

pengen bikin sesuatu yang beda buat ultah momelly, something yang nge-rock seperti dia [hihi], cari2 kue yang enak, ngga terlalu manis dan yang bisa diajak keluar dari pakem hehehehh... opera cake! semula berukuran 20x30 aku bikin bertingkat, lalu kuhias cookies vanilla dan cookies cokelat dalam dominasi warna orange & purple, dua warna yang sangat sangat disukai momelly ^_^

layer opera, aku membaginya menjadi 4 layer joconde [cake almond], aroma kopi kuat berasal dari kopi arabica gayo [kiriman rehanny] mixed dengan bensdrop deutsch cocoa powder. untuk cokelat ganachenya, aku memilih extra bitter dark choco agar 'pahit'nya lebih mantap. This, the Rockin' Opera Cake, a la cake miracle :)

source : 18 cake & cookies, oleh Fatmah bahalwan & tim NCC.

bahan cake : 15 kuning telur, 5 telur utuh, 15 gr emulsifier, 200 gr gula kastor, kocok hingga kental berjejak. kemudian siapkan 125 gr terigu, 20 gr maizena, 250 gr almond bubuk.

di tempat terpisah, lelehkan 90 gr margarine [aku pakai blueband] dan 90 gr butter [aku pakai wisjman], tambahkan 1 sendok makan susu kental manis putih [aku pakai carnation]. sisihkan

tata cara pembuatan cake : masukkan 120 gr terigu dan 20 gr maizena sambil diayak pada adonan telur yang sudah kental, , aduk balik menggunakan spatula. lalu masukkan almond bubuk, aduk balik, terakhir masukkan campuran mentega cair dan susu kental manis, aduk balik hingga rata. bagi menjadi 4 loyang berukuran 20x30 cm, oven selama lebih kurang 30 menit, 180 der C.

siapkan sirup kopi, resepnya : 500 ml air panas, 20 gr kopi instan [disini, aku menggunakan 3 sdm fresh grind arabica gayo dan 2 sdt nescafe fine blend instant coffee], 40 gr bubuk cokelat [aku menggunakan deutsch chocolate powder], 100 gr gula pasir, aduk rata, sisihkan.

siapkan juga ganache, caranya : panaskan 200ml non-dairy whipped cream [aku pakai rich's], lalu siramkan pada 500 gr cokelat blok yang sudah dipotong kecil2 [aku menggunakan elmer extra dark], tambahkan 30 gr butter [aku menggunakan anchor golden fern]. aduk rata, dinginkan dalam lemari pendingin, lalu mikser hingga lembut dan berwarna lebih muda.

tata cara penyajian :

letakkan selembar cake, siram syrup kopi, lalu olesi ganache. tutup lagi dengan lembar kedua. lakukan hal yang sama hingga lembar 3. untuk lembar terakhir/ke 4, cake cukup disiram syrup kopi saja, lalu disiram ganache [berasal dari sisa ganache kocok tadi yang dipanaskan]. tunggu hingga set. potong bagian sisi2 opera hingga rapi. cake siap disajikan, lebih enak lagi dalam keadaan dingin.

untuk model ini, jangan lupa, siapkan cookies2nya ya... kira2 25 cookies, ukuran bervariasi besar, sedang dan kecil. ada yang pake stick, ada yang tidak. untuk resep cookies, buat yang punya buku saya, ada lho disana resepnya. kalau yang belum punya, hayuhh...buruan beli, hihi Kue kering Hias by Peni respati.

wokehh, inilah tampak cake dari atas :

wajah bahagia momelly di pesta ultahnya [berbaju ungu, latar belakang dinding warna orange], ditemani alyssa dalam gendongan dan mama alyssa yang sedang menyalakan lilin ultah :

happy birthday momelly, wish u all d' best!

3 comments:

Nanina Kitchen 10:43 PM  

Mba peni...
Aku mau dong dibikinin kue kyk momelly..
ihiks..ihiks.. ngileeeeer.com

my kitchen 10:34 PM  

keren mbak...
Aq dah bisa bwat opera cake..tp slma ini pake coklat biasa aja ganachenya nggak dark coklat..makasih ilmunya neh..ntar aq cobain ah..

Yani 9:37 AM  

Belajar-belajar nich, wah seru nemu blognya Mbak, ada blog supportnya lage..jadi klo bingung khan bisa nanya :D, salam kenal Mbak, kalo sempet mampir ke tempatku yaa..., n kalo bole tukeran link yukk :)

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009 Using photos by Peni Respati Banner n' Poster by Citra 2011

Back to TOP